7/02/2014

Musik Grunge Dan Seattle Sound Era 90-an

grunge-seattle-sound
Musik Grunge - Grunge atau seattle sound bisa di bilang aliran musik yang terkenal di tahun 90-an. Seperti halnya musik tidak ada satupun definisi yang bisa mematok arti sebenarnya dari grunge ini.

Grunge bisa berarti sesuatu yang 'seenaknya', 'anti pola', 'ketidakteraturan', 'kesederhanaan', bahkan 'bunyi yang memekakkan telinga'.

Apapun itu, grunge menjadi aliran musik yang 'emoh' terhadap kemapanan pergaulan musik rock. Grunge menawarkan alternatif pilihan lain selain hardrock dan heavymetal yang lebih dulu ada.

Beberapa literatur menyebutkan grunge lahir sejak era jaya nya musik punk di tahun 70-an. Bermuara di minneapolis dan sejak tahun 80-an mulai bergerak ke kawasan pantai barat laut amerika sampai akhirnya terkenal di kota Seattle, dan istilah baru pun lahir yaitu Seattle Sound. Inilah istilah yang menunjuk pada warna musik rock yang diusung grup-grup asal Seattle atau grup band yang besar di Seattle.

Blantika musik grunge diawali tahun 1986, ketika album kompilasi Deep Six dirilis. Dialbum ini tampil antara lain Soundgarden dan Green River.

Para pengusung Grunge tersebut awalnya menempatkan bermusik sebagai hobi belaka, mereka cukup senang jika masuk dapur rekaman, diedarkan oleh perusahaan rekaman kecil, dan tidak peduli mau laku atau tidak.

Seiring berjalannya waktu, musik grunge bisa menjadi penopang hidup bahkan terkenal ke seantero dunia. 

Rekomendasi Untuk Anda
×